Cara Merawat Mesin Motor Agar Tidak Mudah Rusak

By | 11/11/2019

Di Negara Indonesia seperti sekarang ini banyak sekali yang menggunakan motor matic untuk dijadikan sebagai alat sarana transportasi harian. Oleh karena itulah pasar otomotif khususnya untuk motor matic di Indonesia ini sangat besar sekali.

Tak aneh lagi apabila saat ini banyak perusahaan-perusahaan atau pabrikan motor yang ada didalam negri selalu berlomba-lomba untuk berusaha memasarkan masing-masing dari produk motor yang diciptakannya. Misal contoh seperti Honda yang memproduksi motor Vario.

Tentunya seluruh masyarakat di Indonesia sudah mengenali produk perusahaan Honda yang satu ini, berbagai macam jenis model atau tipe motor vario, dimulai dari Vario 110, Vario Techno 125, dan Vario 150 yang mana masing-masing dari motor tersebut memiliki sistem pembakaran seperti karburator dan sudah ada yang injeksi.

Namun sangat di sayangkan sekali bahwa kebanyakan dari kita semua hanya bisa menggunakannya saja tanpa bisa merawatnya, sedangkan merawat mesin motor agar tidak mudah rusak itu sangat penting sekali bagi para pengendara.

Walaupun tidak semua orang paham betul akan kondisi mesin dan merawatnya, teman-teman bisa membawanya ke bengkel terdekat untuk melakukan perawatan pada mesin tersebut. Akan tetapi disini saya akan sedikit membagikan sedikit tips bagaimana cara perawatan mesin motor matic yang baik dan benar.

Tapi ada satu hal lain yang memang harus benar-benar kita perhatikan, walaupun teknik perawatannya tidak beda jauh dengan perawatan mesin motor pada umummnya, namun motor matic ini sangat membutuhkan perawatan khusus yang memang harus lebih diperhatikan.

Misal seperti:

Memanaskan Mesin Motor di Pagi Hari

cara merawat motor matic

mamangbengkel.com

Memanaskan mesin motor ialah salah satu bagaimana cara melakukan perawatan pada mesin. Dengan kita rutin untuk selalu memanaskan mesin di pagi hari, maka oli yang ada didalam mesin pun siap melumasi seluruh mesin sehingga akan menimbulkan performa dari mesin itu terasa lebih maksimal.

Untuk hitungan waktu dalam memanaskan mesin motor matic sendiri kurang lebih sekitar 5 atau sampai 10 menit setiap paginya, untuk memanaskannya saya anjurkan untuk menggunakan kick starter karena bisa mengurangi resiko akan kehabisannya aki pada motor tersebut.

Ganti Oli Secara Rutin

Perawatan motor matic selanjutnya yang perlu kita perhatikan ialah mengganti oli secara rutin atau tepat pada waktunya. Umumnya penggantian oli mesin itu dilakukan setiap jarak tempuh perjalanan sudah mencapai 1000 km dan untuk penggantian oli gardan maksimal dari motor tersebut sudah menempuh perjalanan sejauh 5000 km.

Jikalau kalian lupa akan acuan kilometer untuk mengganti oli, alangkah baiknya kalian harus melakukan perawatan pada motor tersebut secara rutin setiap kurun waktu 2 bulan atau 3 bulan sekali, dan juga ada satu hal yang harus kalian perhatikan dalam menggunakan oli, gunakanlah oli yang sesuai dengan spesifikasi dari motor matic tersebut.

Kontrol Pembuangan Bensin

Dalam merawat dan menjaga motor matic jangan sampai tangki kita kosong dari cairan bahan bakar seperti bensin, kebanyakan dari kita itu sering teledor dalam mengontrol pembuangan bensin sehingga sering kali kita mengalami kehabisan bensin ketika motor itu sedang digunakan.

Jangan sampai motor matic yang kita miliki itu berhenti di suatu tempat karena udzur kehabisan bensin, kenapa? Apabila motor tersebut sering mengalami kehabisan bensin bisa mengakibatkan kerusakan mesin datang lebih cepat, terlebih untuk motor matic yang memiliki sistem pembakarannya menggunakan injeksi.

Sistem pembakaran injeksi itu lebih sensitif apabila kita bandingkan dengan sistem pembakaran motor yang masih menggunakan karburator, maka dari itu kalian semua harus selalu teliti dalam mengecek pembuangan bensin pada masing-masing motor yang kalian miliki.

Check Vanbelt dan Roler

Perlu kalian ketahui bahwa memeriksa atau mengontrol vanbelt dan roler itu sangat penting, karena kondisi dari kedua komponen tersebut merupakan satu perkara yang tidak boleh untuk tidak diperhatikan bagi pemiliki sepeda motor matic.

Vanbelt merupakan salah satu bagian komponen motor matic yang terletak di dalam block CVT. Vanbelt terbuat dari bahan karet yang gampang putus jikalau tidak dirawat oleh pemilik motor. Maka dari itu kita sebagai pengguna kendaraan matic harus rutin memeriksa kedalam bagian block CVT apakah vanbelt itu masih bagus atau tidak.

Begitu juga dengan roler, roler juga merupakan bagian komponen penting yang harus benar-benar kita perhatikan kekuatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *