4 Bentuk Kata -Word Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

By | 11/03/2019

Saat mulai belajar bahasa inggris hal yang pertama kali akan kita pelajari kemungkinan besar adalah mengetahui macam-macam vocabulary. Setelah itu kita akan menghafal vocab tersebut sebagai dasar dalam belajar bahasa inggris.

Klasifikasi Vocab

Image Source: thegreatcourses.com

Selanjutnya saat kita sudah tahu banyak mengenai vocab maka hal selanjutnya yang harus kita pelajari adalah mengklasifikasikan vocab yang ada ke dalam jenis bentuk kata yang ada dalam bahasa inggris. Dalam bahasa Indonesia mungkin kita akan mengenal bentuk kata benda, kata kerja, dan kata keterangan.

Begitu pula jika dalam bahasa inggris kita akan menemukan jenis atau bentuk kata yang berbeda-beda dalam bahasa inggris. Dalam bahasa inggris secara umum dikenal ada 4 macam bentuk kata secara luas. Yang artinya selain keempat bentuk kata ini masih ada bentuk kata lainnya yang kali ini tidak kita bahasa dulu.

Nah 4 bentuk kata yang ada dalam bahasa inggris ini adalah noun, verb, adjective, dan adverb. Keempat bentuk kata dalam bahasa inggris ini menjadi dasar kita dalam belajar menyusun kalimat yang baik dan benar yang sesuai dengan kaidah kepenulisan dalam bahasa inggris. Untuk memahami lebih lanjut maka bisa anda simak berikut ini :

  1. Noun memiliki artian kata benda. Kata benda di sini tidak hanya kata yang memiliki arti benda sesungguhnya. Akan tetapi segala kata dalam bahasa inggris yang kedudukannya sebagai subjek atau object bisa dikatakan sebagai kata benda. Contohnya adalah seperti reading is my hoby.Pada kalimat tersebut reading memilik kedudukan kata sebagai noun yang mana di situ dia menjadi kata subjek kalimat tersebut. Untuk contoh noun yang merupakan kata benda dengan arti benda sesungguhnya adalah seperti; this book is really amazing.

    Book pada kalimat tersebut merupakan bentuk kata benda yang maknanya memang adalah kata benda. Sebenarnya noun juga memiliki banyak sekali jenis. Hanya saja di sini kita hanya akan membahas noun secara umum pada kata yang memiliki kedudukan sebagai noun dalam sebuah kalimat.

  2. Dalam bahasa Indonesia verb ini kita kenal dengan sebutan kata kerja. Nah dalam bahasa inggris verb di sini tidak hanya berupa kata kerja yang maknanya melakukan. Ada bentuk verb yang merupakan to be dari sebuah kata namun kedudukannya tetap menjadi sebuah verb.Hal ini karena dalam bahasa inggris sebuah kalimat setidaknya harus terdiri dari satu subjek dan satu verb. Contohnya adalah; I read the book in the library. Contoh lainnya adalah ; the dress is beautiful.
  3. Adjective ini memiliki makna kata keterangan sifat. Contohnya seperti beautiful, smart, high, tall, stupid, dan lain sebagainya. Kata adjective memang bukan kata yang wajib ada pada sebuah kalimat. Namun ada kalanya sebuah verb membutuhkan objek yang mana objek tersebut bisa jadi harus merupakan bentuk adjective.Contoh dalam kalimat untuk adjective ini adalah; you are so beautiful. Di sini verb memang membutuhkan adjective sebagai pelengkapnya.
  4. Adverb memiliki makna keterangan tambahan yang menjadi penerang bagi verb. Adverb bisa berupa keterangan tempat dan bisa jadi dalam bentuk keterangan keadaan. Contoh adverb sebagai keterangan tempat adalah seperti; I read the book in the library. Kata in the library di situ berfungsi sebagai keterangan tempat.

Nah dari penjelasan bentuk-bentuk kata dalam bahasa inggris di atas kini anda bisa mulai memahami dan mencoba mempraktekkan setiap bentuk kata tersebut ke dalam sebuah kalimat agar anda bisa semakin paham dengan bentuk kata tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *