Desain Rumah Populer dengan Gaya Minimalis

By | 30/01/2020

Memiliki rumah impian tidaklah mudah, karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Anda harus menemukan lokasi yang strategis, sesuaikan luas bangunan dan jumlah lantai dengan desain dan arsitektur interior.

Konsep atau gaya desain sangat beragam dan dapat bervariasi tergantung pada luas bangunan itu sendiri. Ketika Anda membeli atau membangun rumah impian Anda, pastikan itu sesuai dengan selera Anda.

Berikut adalah desain rumah impian yang kebanyakan orang suka dan dapat menjadi referensi Anda:

Rumah impian minimalis satu lantai

Rumah satu lantai sekarang relatif jarang, terutama di Jakarta. Luas lahan yang terbatas mengharuskan masyarakat dan pengembang membangun rumah-rumah bertingkat tinggi. Tetapi itu tidak berarti bahwa rumah satu lantai tidak lagi ada di pasaran. Masih banyak peminatnya. Rumah satu lantai umumnya cocok untuk mereka yang belum menikah, tua atau baru menikah.

Desain rumah satu lantai lebih mudah dirancang karena elemen desain yang dimaksud cenderung kurang. Jika Anda memiliki luas tanah yang besar, rumah jenis ini sangat cocok, karena Anda dapat memaksimalkan area sebanyak mungkin. Jangan lupa menghadirkan taman agar rumah terasa segar.

Hikari House di Bandung oleh Pranala Associates

Kiat untuk membuat bagian depan rumah terlihat tinggi, menghadirkan serangkaian garis vertikal di tampilan depan (fasad) dapat memberikan efek level. Menempatkan partisi kayu dalam posisi miring dapat membantu menjaga privasi penghuni dari luar rumah, tetapi tetap mendapatkan pencahayaan yang memadai.

Rumah impian minimalis dua lantai.

Rumah dua lantai berada di rumah cluster. Rumah jenis ini cocok untuk keluarga kecil, karena fungsi ruangan bisa bertambah seiring dengan bertambahnya staf keluarga. Ciri khas dari rumah dengan konsep minimalis dua lantai ialah menggunakan beton, mengikuti bentuk dasar (berbentuk kotak), simpel, sederhana atau tanpa ornamen, dan menggunakan dua kombinasi bahan.

YVE Habitat in limousine oleh Andra Matin / YVE Habitat

Teorinya adalah bahwa rumah minimalis menggunakan cat dinding monokrom. Jika Anda merasa warna putih terlalu halus, tambahkan bahan kayu atau dinding batu alam dengan gambar sederhana seperti aksen.

Memiliki rumah dua lantai sering terhalang oleh anggaran. Jangan khawatir, karena rumah bisa tumbuh. Sarannya adalah untuk berkonsultasi dengan arsitek atau desainer Anda untuk merancang pangkalan rumah dua lantai, bahkan jika hanya lantai pertama yang didirikan. Pastikan bahwa desain dan lokasi tangga dapat dikembangkan sambil menambah jumlah lantai.

Rumah impian modern

Desain rumah modern seringkali disandingkan dengan rumah minimalis. Meskipun dapat dibenarkan, ada perbedaan penting untuk memisahkan kedua desain. Rumah-rumah modern memiliki atap segitiga, sedangkan rumah minimalis identik dengan atap beton (atap datar). Rumah-rumah modern memiliki sumber pencahayaan yang baik dengan aplikasi jendela besar.

Sujiva Living in Bali oleh Somia Design

Sajikan jendela atau bukaan yang memadai di rumah Anda, sehingga sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik. Pastikan arah angin dari rumah Anda. Hindari menempatkan jendela di dinding yang menghadap ke barat, karena rumah akan terasa hangat.

Desain rumah Addo Architecture

Hal pertama yang harus ditentukan adalah desain fasad dan lukisan rumah. Cat warna cerah atau monokrom cenderung memberi kesan luas. Kemudian, sejauh mungkin, tanamkan unsur alami di rumah, baik di dalam maupun di luar. Tidak peduli seberapa kecil lahan yang Anda miliki, bawalah tanaman hijau ke rumah Anda.

Selain penampilan bangunan, interior membutuhkan perhatian lebih. Karena secara teori, penghuni menghabiskan 95% waktunya di rumah. Rumah Impian adalah rumah yang sejuk dan nyaman. Ini memberikan suasana hangat sementara udara dingin mengalir kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *