Perjuangan Luar Biasa dan Hal Inspiratif dalam Biografi Franklin D. Roosevelt 

By | 21/04/2019

Bila membicarakan deretan presiden Amerika Serikat, tentu ini tidak bisa lepas dari Biografi Franklin D. Roosevelt. Roosevelt menjadi salah satu presiden yang sangat populer dan sangat dikenal oleh masyarakat dunia.

Sepak terjang Roosevelt sangatlah menarik untuk diketahui. Karir politiknya sebelum menjadi presiden hingga kepemimpinannya menjadikan dirinya menjadi salah satu presiden yang sangat dikenal hingga saat ini.

Masa Muda Roosevelt

Image Source: newrepublic.com

Roosevelt lahir pada tanggal 30 Januari 1882. Dia lahir di kota Hudson Valley, New York. Masa kecilnya cukup cemerlang karena dia terlahir di keluarga yang cukup mapan secara finansial. Ini memberinya akses leluasa untuk belajar.

Roosevelt muda bersekolah di Massachusetts. Setelah selesai pendidikan di Sekolah Episkopal Groton, dia melanjutkan studi di Universitas Harvard. Dia mengambil jurusan sejarah. Secara akademis, memang terkesan tidak ada yang istimewa dari Roosevelt.

 

Pada tahun 1901, sepupu Roosevelt, Theodore Roosevelt dilantik sebagai presiden. Dalam Biografi Franklin D. Roosevelt, sosok ini akan sangat mempengaruhi Roosevelt muda nantinya. Setelah lulus, dia pun meniti karir sebagai seorang wartawan.

 

Awal dan Rintisan Karir Politiknya

Ketika membicarakan awal karir politiknya, itu dimulai ketika dia terinspirasi oleh sepupunya. Roosevelt pun mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan Partai Demokrat. Namun, dia sempat ragu karena sepupunya adalah anggota Partai Republik. Akan tetapi, ternyata dia justru mendapatkan dukungan.

 

Roosevelt pun terpilih menjadi senator di New York dan dia memulai karir politiknya yang pertama. Setelah itu, karirnya mulai menanjak dan bahkan Roosevelt mendapatkan posisi di Angkatan Laut AS.

 

Dengan posisinya ini, kontribusinya sangat luar biasa ketika Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia I. Hal ini pun akhirnya semakin memantapkan karir dan kepopuleran Roosevelt muda.

 

Menjadi Presiden Amerika Serikat

Roosevelt semakin populer ketika dia menjadi gubernur di New York. Kebijakan ekonominya sangatlah bagus hingga mampu menyelamatkan New York ketika terjadi Great Depression.

 

Keberhasilannya dan keberpihakannya pada rakyat akhirnya mengantarkannya memenangkan pemilu. Dia pun dilantik sebagai presiden pada tanggal 4 Maret 1933. Pada masa itu, Amerika Serikat masih menghadapi krisis ekonomi yang sangat parah.

 

Roosevelt pun menjanjikan suatu program 100 hari yang dinamai New Deal. Program ini tergolong berhasil dan dia mampu memenuhi semua janjinya. Ini pula yang membuatnya menang di pemilu kedua.

 

Perang Dunia

Roosevelt pun melanjutkan hingga periode ketiga dan ini menjadi masa yang sulit. Di periode ini, dia menghadapi Perang Dunia II.

 

Kondisi semakin parah ketika kebijakan Amerika Serikat membuat Jepang melawan Amerika. Bahkan, Jepang, Jerman, dan Italia pun membentuk suatu poros. Kondisi semakin parah ketika akhirnya Jepang menyerang pangkalan militer Pearl Harbor dan ini menjadi peristiwa yang sangat bersejarah.

 

Peristiwa bersejarah dalam Biografi Franklin D. Roosevelt dan sejarah dunia ini pun diikuti dengan sikap Roosevelt untuk mendeklarasikan perang. Ini disusul juga oleh sikap dari pemimpin Jepang, Jerman, dan Italia untuk melawan Amerika Serikat dan sekutu.

 

Meninggalnya Roosevelt

Kondisi kesehatan Roosevelt semakin menurun sejak tahun 1940. Namun, dia tetap berusaha mencalonkan diri untuk periode keempatnya. Sayangnya, dia meninggal pada 12 April 1945.

 

Ada beberapa hal yang menarik tentang Roosevelt yang sangat patut dikenang.

  1. Kebijakan ekonominya ketika menjadi gubernur New York dan program 100 hari yang bernama New Deal berhasil mengangkat Amerika Serikat dari krisis ekonomi
  2. Komunikasi politik dengan negara lain juga menjadi menarik. Salah satunya adalah strategi Europe First yang dicanangkannya bersama Winston Churchill untuk menghadapi invasi Nazi.
  3. Roosevelt juga mendukung kebijakan penelitian teknologi nuklir dengan nama Proyek Manhattan.

 

Akhirnya, Roosevelt tidak bisa menyaksikan kemenangan dan akhir dari Perang Dunia II.  Namun, semua kebijakan dan usahanya sangatlah patut dikenang dan menjadi nilai berharga dalam Biografi Franklin D. Roosevelt.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *