Fungsi Dari Oli Motor Untuk Perawatan Mesin

By | 11/11/2019

Ketika motor terasa sudah tidak enak untuk digunakan, suara mesin sudah terdengar begitu kasar, dan tarikan motor yang tidak signifikan seperti biasanya, maka ada satu hal yang harus kita lakukan. Apa itu? Yaitu melakukan service motor rutinan seperti mengganti oli motor pada mesin.

Kalian bisa langsung mendatangi bengkel-bengkel terdekat di timpat anda tinggal, kunjungi bengkel tersebut untuk melakukan service motor dan mengganti oli lama dengan yang baru. Ada beberapa macam merek oli motor matic yang bisa kalian gunakan untuk perawatan mesin motor yang kalian miliki.

Menentukan oli mesin yang hendak digunakan untuk motor itu harus setara dengan karakter dari motor tersebut. Selain itu, kita juga harus memperhatikan dari daya kemampuan tenaga motor itu sendiri. Biasanya kami selalu membeli oli motor yang didalamnya ada kandungan SAE 10W – 40W dan masih banyak lagi kode oli dalam kemasan lainnya.

Pertama kalinya saya menggunakan oli motor yang dibuat langsung dari pabrikan yamaha, didalam kemasan tersebut umumnya terdapat kode oli seperti ini contohnya “Evalube Pro Sintetyc 10W-40W”. Kemudian kegunaan fungsi dari kode tersebut itu apa? Dan kenapa kita sebagai pemilik motor harus mengganti oli motor dengan yang baru?

Baiklah, dibawah ini saya akan sedikit menjelaskan kenapa kita harus menggunakan oli yang sesuai dengan kapasitas mesin, dan juga kenapa harus mengganti oli motor dengan yang baru. Untuk lebih lengkapnya teman-teman bisa langsung saja simak artikel yang telah saya tulis dibawah ini.

Fungsi Oli untuk Mesin Motor

Berikut adalah fungsi yang dimiliki oleh Oli yang perlu kalian ketahui agar lebih semangat lagi dalam melakukan perawatan motor yang kalian miliki.

Mengurangi Gesekan pada mesin

fungsi oli untuk perawatan mesin

moladin.com

Seperti yang telah kita ketahui semuanya mengenai mesin motor, ya mesin motor apabila kita lihat dia akan bekerja dengan cara bergesekan dengan bagian dalam mesin lainnya. Dengan adanya oli ini tentunya akan bisa mengurangi dan juga melindungi gesekan yang ada didalam mesin motor.

Umumnya gesekan yang sering terjadi pada bagian dalam mesin itu bisa mengakibatkan kondisi mesin bagian dalam mudah cepat haus, dapat mengurangi performa mesin, tenaga atau akselerasi yang rendah, mengakibatkan adanya kotoran pada mesin, dan tentunya mesin akan terasa panas.

Supaya hal itu tidak terjadi, maka gunakanlah oli sebaik mungkin dan tepat pada waktunya sehingga cairan pelumas itu bisa melindungi dari kerusakan mesin.

Sebagai Pendingin Mesin

Oli mesin yang ada dialam motor itu juga memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin panas yang diakibatkan adanya proses kerja pembakaran pada bagian dalam piston. Mesin motor akan terasa panas bukan hanya diakibatkan dari proses pembakaran didalam mesin, namun dari hasil gesekan antar masing-masing komponen lainnya.

Maka itulah betapa pentingnya cairan oli ini untuk perawatan mesin.

Perapat Mesin

Oli juga bisa berfungsi untuk merapatkan antara rongga-rongga silinder dengan piston. Selain itu bisa juga digunakan untuk stang seher dan proses kerja dari stang seher tersebut ketika motor sedang nyala. Oli mesin atau biasa disebut dengan pelumas juga memiliki fungsin untuk melindungi dari berbagai macam komponen yang ada didalam mesin, serta dapat mengurangi suara kasar yang di akibatkan dari dalam mesin.

Sebagai Pembersih Mesin

Pelumas seperti oli ini memiliki fungsi untuk membersihkan kotoran didalam mesin yang dihasilkan dari adanya gesekan-gesekan antara beberapa bagian komponen mesin.

Anti Karat

Fungsi oli ini selain dari melindungi mesin, merapatkan bagian-bagian komponen yang ada didalam mesin, dan juga merawat mesin agar tidak mudah rusak, oli motor juga bisa dijadikan sebagai pelindung anti karat pada mesin yang di akibatkan dari gesekan-gesekan mesin.

Demikian penjelasan tentang fungsi oli motor yang dituju untuk melakukan perawatan pada mesin, artikel ini saya ambil berdasarkan sumber yang ada didalam website mamangbengkel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *