Biografi Harry Truman dan Beberapa Hal Menarik tentang Kebijakan Truman 

By | 21/04/2019

Harry Truman adalah salah satu presiden Amerika Serikat. Kebijakan dan perjalanan hidup sesuai yang ada dalam Biografi Harry Truman sangatlah menarik.

Truman mulai dikenal ketika dia menjadi wakil Franklin D. Roosevelt. Ketika akhirnya Presiden Roosevelt meninggal, Truman pun menggantikan posisinya. Ada banyak hal yang menarik di dalam kebijakannya yang patut untuk diketahui.

Masa Muda Truman

Image Source: whitehouse.gov 

Truman lahir di Missouri pada tanggal 8 Mei 1884. Nama lengkapnya adalah Harry S. Truman. Nama tengahnya ini diambil dari nama kedua kakeknya.

Truman terlahir di keluarga petani. Kondisi ini membuatnya tidak melanjutkan studinya hingga tingkat universitas. Ketika dia selesai sekolah menengah, Truman langsung bekerja.

 

Ada beberapa pekerjaan yang dia geluti. Awalnya, dia menjadi petugas di perusahaan konstruksi rel kereta api. Lalu, dia sempat juga bekerja sebagai petugas bank dan pembukuan di beberapa bank.

 

Awal Karir Politiknya

Karir politiknya dimulai setelah dia mundur dari karir militernya. Dia sempat terlibat dalam Perang Dunia I dan mendapatkan jabatan yang cukup bagus. Setelah mundur dari militer, dia pun diajak untuk bergabung dengan Partai Demokrat.

 

Salah satu yang menjadi titik tolak karirnya adalah ketika dia menjadi senator pada 1934. Dia membantu Franklin D. Roosevelt dalam kebijakan fiskalnya, khususnya terkait program New Deal. Dia pun mulai banyak dikenal karena integritasnya.

 

Truman juga sempat melakukan investigasi terhadap Program Pertahanan Nasional. Rekomendasi dan laporannya membuatnya semakin dikenal. Dengan posisi politisnya, dia pun dicalonkan sebagai wakil presiden pada periode ketiga Roosevelt.

 

Meniti Karir di Gedung Putih

Bersama Roosevelt, Truman pun mendapatkan posisi sebagai wakil presiden. Namun, 82 hari setelah kepemimpinannya, Roosevelt meninggal dunia karena stroke dan Truman pun diangkat sebagai presiden pada 12 April 1945. Ini menjadi hal yang penting dalam Biografi Harry Truman.

 

Walau sempat menjadi senator, dia merasa kurang pengalaman dalam pengelolaan negara. Namun, dia memulai tugasnya sebagai presiden dengan bagus. Dia menutup Perang Dunia II dengan menyerahnya Jerman. Lalu, dia juga menjatuhkan bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki.

 

Catatan suksesnya menjadi suatu hal yang sangatlah istimewa di awal kepemimpinan Truman. Hal ini pun membuat namanya semakin dikenal secara internasional.

 

Masalah di Masa Kepemimpinannya

Namun, itu tidaklah berlangsung lama. Pasca Perang Dunia II, hubungan Amerika Serikat dengan Uni Soviet memanas. Perpecahan mulai tumbuh ketika Soviet ingin berkuasa di Eropa bagian timur. Ini pun berakhir dengan munculnya Perang Dingin antara Soviet dengan Amerika Serikat.

 

Masalah yang ada tak hanya itu saja. Kebijakannya dalam Perang Korea membuat posisi Truman semakin melemah. Di perang ini, Truman memutuskan untuk ikut campur karena dia merasa perang harus disudahi agar tidak memicu perang yang lebih besar.

 

Kondisi semakin parah ketika dia menyingkirkan Douglas MacArthur karena dia tidak menuruti perintah. Padahal, MacArthur adalah jenderal yang sangat disegani dan ini membuat Truman kehilangan kekuatan dan ini menjadi penting dalam Biografi Harry Truman.

 

Akhir Hidupnya

Pada bulan Maret 1952, dia memutuskan untuk tidak ikut dalam pemilu. Dia pun meninggal pada tanggal 26 Desember 1972. Dia dimakamkan di samping istrinya di area Truman Library.

 

Ada banyak kebijakan yang ditetapkan oleh Truman. Ada yang controversial, ada juga yang bagus.

 

  1. Kebijakannya untuk menjatuhkan bom atom berhasil menutup Perang Dunia II.
  2. Namun, kebijakannya di Perang Korea sangatlah tidak populer dan tidak didukung publik.
  3. Truman membuat kebijakan Fair Deal sebagai kelanjutan dari Roosevelt, dan ini bagus dalam mengangkat ekonomi negara.

 

Semua hal yang ada di dalam sejarah hidup Truman itu tentu patut dikenang. Walau tidak semuanya berjalan lancar, hal itu menjadi kisah berharga dalam Biografi Harry Truman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *