4 Ide Ruang Beribadah Musholla Di Rumah

By | 05/08/2018

Ruang ibadah merupakan tempat yang disediakan dan sengaja di khususkan untuk tempat beribadah. Agar anda bisa menggunakannya secara khusyuk dan tidak dikotori oleh anggota keluarga karena kegiatan tertentu.

Biasanya ruang beribadah juga tempat anda bermeditasi dan juga memperdalam iman atau ibadah anda. untuk itu, penggunaan ruang ibadah memang tidak wajib namun sebagian orang sengaja menyediakan lahan khusus.

Untuk anda yang menginginkan desain khusus ruang ibadah untuk di rumah, khususnya ingin membangun musholla tempat anda beribadah. Berikut ini inspirasi atau ide ruang beribadah musholla di rumah.

Desain 1

Desain pertama datang dari anda yang menginginkan rumah dengan musholla atau ruang ibadah terpisah. Dimana desain 1 ini memanfaatkan sisa lahan atau taman di belakang rumah untuk dibangun. Sehingga ketika anda keluar dari musholla atau keluar rumah langsung disambungkan dengan taman dan area rerumputan.

Anda bisa menggunakan desain ini jika sisa lahan rumah mencukupi. Selain itu usahakan selalu ibadah di ruang tersebut dan selalu bersihkan ruangannya. Karena anda tidak akan nyaman jika ibadah dengan kondisi ruangan yang berantakan dan kotor.

Desain 2

Desain ke dua cocok untuk anda yang menginginkan ruang ibadah ada di dalam rumah. Anda bisa meletakannya dekat ruang keluarga atau justru di bagian belakang dekat dengan kamar atau teras. Ruangan ini tidak membutuhkan banyak perabotan.

Anda hanya tinggal mendesain ruangan tersebut seperti ruang ibadah, ditambahkan beberapa fasilitas pendukung seperti kipas/AC, kitab, karpet, sajadah dan juga mukena atau sarung yang bersih dan siap digunakan.

Selain itu ruang ibadah ini meskipun ada di dalam rumah usahakan tidak dalam satu area, boleh berdekatan namun gunakan sekat yang jelas. Sehingga untuk musholla yang dekat ruangan yang berisik seperti ruang keluarga, ruang tamu ataupun ruang untuk berkumpul tidak terlalu berisik.

Desain 3

Jika anda lihat, desain ketiga ini justru dibangun dekat tempat duduk para tamu. Di bagian pojokan di buat ruang dan juga pintu untuk beribadah seperti musholla. Selain karena desain ini memudahkan para tamu dan juga anggota keluarga untuk beribadah, anda juga tidak perlu menambahkan ruang lainnya sehingga rumah tidak akan terlalu sempit.

Namun syaratnya anda harus menambahkan pintu atau penyekat ruangan agar ketika keluarga atau anda sedang beribadah maka suara dari luar tidak akan terdengar. Selain itu anda juga tidak akan terganggu ibadahnya karena pandangan orang lain yang melihat ke arah ruang ibadah.

Desain 4

Desain selanjutnya khusus untuk anda yang tinggal di apartemen namun menginginkan ruang ibadah yang indah dan tidak terganggu oleh keluarga lainnya. Biasanya sebuah apartemen memiliki spot kosong yang bisa digunakan untuk menaruh perabotan. Namun anda sebaiknya mengakali hal tersebut untuk ruang beribadah saja. Agar tempat tersebut tetap bersih saat anda gunakan untuk beribadah.

Untuk anda yang membangun ruang ibadah, tidaklah harus luas atau indah. ketika anda beribadah yang dibutuhkan adalah ruang yang bersih dan layak, serta tidak terlalu berisik atau terlalu terbuka dan kelihatan oleh orang lain.

Selain itu, ruang ibadah bisa anda desain menggunakan berbagai perabotan pendukung, seperti karpet yang tebal dan lembut, rak untuk kitab suci dan beberapa buku kajian agama, rak menyimpan mukena ataupun sajadah serta bahan lainnya. Bisa juga tambahan hiasan dinding seperti kaligrafi, ayat suci Alquran atau tulisan Allah SWT dan Muhammad SAW yang biasa digunakan pada ruang ibadah.

Sumber: Hustopia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *