9 Contoh Irregular Adjective beserta Contoh Kalimat  

By | 11/03/2019

Pada pembahasan sebelumnya mungkin anda suda banyak mengerti dan paham mengenai bentuk adjective yang digunakan untuk kalimat comparative yang artinya membandingkan. Seperti misalnya smart menjadi smarter dan bentuk superlativenya adalah smartest.

Nah dari bentuk kalimat comparative dan superlative tersebut kita bisa memperoleh pelajaran baru yakni mengenai irregular adjective. Jika secara umum kita mengenal irregular vocab maka dalam jenis adjective ternyata juga ada bentuk irregularnya alias tidak beraturan yang sering kali digunakan dalam penyusunan sebuah kalimat bahasa inggris.

Beraturan dan Tak Beraturan

Image Source: englishpage.com

Jenis adjective ada dua yakni regular yang artinya beraturan dan irregular adjective yang artinya kata sifat tak beraturan. Nah untuk mengetahui bentuk kata sifat apa saja yang termasuk ke dalam bentuk irregular alias tidak beraturan memang kita perlu menghafalnya terlebih dahulu sebelum kita secara langsung menimplementasikannya.

Nah untuk itu di bawah ini ada beberapa bentuk irregular adjective beserta contohnya dalam kalimat sehingga bisa anda pahami lebih dalam. Diantaranya adalah :

  1. Well => better=> best. Kata ini juga memiliki arti dan bentuk irregular yang sama dengan kata good => better=> best. Keduanya sama-sama memiliki makna bagus, lebih bagus, dan paling bagus. Dalam contoh kalimatnya adalah seperti; you are the good student in the class.Comparativenya menjadi; you are better than him. Superlativenya menjadi; you are the best student in the class.
  2. Bad => worse => worst. Kata ini memiliki arti berturut-turut buruk, lebih buruk, paling buruk. Jika disalin dalam sebuah kalimat maka contohnya seperti; this is the bad book. Comparativenya menjadi this book is getting worse than before. Bentuk superlativenya menjadi; this is the worst book in this place.
  3. Far => farther => farthest. Memiliki makna jauh, lebih jauh, dan paling jauh. Dalam kalimat contohnya seperti; his house is far. Bentuk comparativenya adalah; his house is farther than your house. Bentuk superlativenya adalah; his house is the farthest house ever from here.
  4. Old => elder => eldest. Memiliki makna tua, lebih tua, dan paling tua. Kata ini sering digunakan untuk anggota keluarga. Contoh kalimatnya adalah seperti; he is my old brother. Kalimat comparativenya menjadi; he is elder than me. Bentuk superlativenya adalah; he is the eldest person in this family.
  5. Many/much/some => more => most. Memiliki artian banyak. Nah dalam contoh kalimatnya adalah seperti there are many people in this place. Bentuk comparativenya seperti kalimat; this shoes is more expensive than that shoes. Bentuk superlativenya adalah; this shoes is the most expensive in this store.

Dengan beberapa penjelasan dan contoh yang telah dijelaskan di atas maka kini diharapkan anda bisa semakin memahami apa yang dimaksud dengan bentuk irregular adjective dan bagaimana cara menggunakannya menjadi sebuah kalimat.

Sebenarnya masih ada banyak sekali bentuk irregular adjective yang ada dalam bahasa inggris. Untuk itu anda harus mengetahui terlebih dahulu mana adjective yang memiliki bentuk tak beraturan dan setelah itu anda bisa mulai mengaplikasikannya pada kalimat comparative atau superlative yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Hal ini karena pada dasarnya adanya bentuk irregular adjective ini memang digunakan untuk bentuk kalimat yang menyatakan comparative dan superlative. Jadi, jangan bosan untuk mencari tahu dan menghafalkan lebih bayak lagi vocab utamanya vocab adjective beserta jenis bentuk katanya. Selamat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *