14 Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

By | 11/07/2019
Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin mengenal manfaat tomat hanya sebagai pelengkap masakan atau bumbu masakan yang mampu memberikan rasa masam pada sayur atau sambal.
Padahal, buah merah ini memiliki segudang manfaat yang tidak hanya sebatas pelengkap bumbu masakan. Manfaat tomat atau Lycopercisum Esculentum, sangat berguna untuk menunjang gaya hidup sehat secara alami.

Berbagai konsumsi makanan dan minuman yang banyak beredar di pasaran belum tentu berdampak positif bagi tubuh Anda. Konsumsi tomat adalah pilihan bijak untuk menjaga kebugaran dan kestabilan tubuh.

Back to nature adalah gaya hidup yang menjadi tren saat ini di kalangan masyarakat perkotaan. Pasalnya, jajanan makanan dan minuman mudah ditemui dengan aneka variasi warna dan bentuk.

Namun, banyaknya jenis makanan saat ini mayoritas mengandung zat kimia yang berlebihan sehingga jika zat tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan terendap dalam tubuh. Hal ini akan sangat merugikan kesehatan Anda. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita lebih memilih makanan tradisional dan organik sebagai pangan sehari-hari.

Salah satu bahan pangan yang sudah dijelaskan di atas adalah buah tomat yang kaya akan khasiat dan manfaat sehingga tubuh lebih sehat tanpa kekurangan asupan makanan lainnya.

Manfaat Tomat

Berikut ini 14 kedahsyatan manfaat tomat bagi kesehatan tubuh manusia.

Pertama. Dalam 100 gram buah tomat, memiliki 11 mg kalsium, 27 mg fosfor, 360 mg kalium, 6 mg besi, 23 mg vitamin C, 0, 56 mg thiamine, 20 mg kalori, 1 gram protein, 1000 UI vitamin A, dan vitamin K.

Semua kandungan zat tersebut merupakan zat yang baik untuk menjaga tubuh agar senantiasa sehat. Bagi Anda yang kurang darah merah atau sering disebut dengan anemia, jangan terburu-buru untuk memilih obat antibiotik di apotik.

Makan saja buah tomat apel (buah tomat yang besar dan berwarna merah seperti apel) sebanyak dua buah sehari untuk menambah sel darah merah dalam tubuh Anda sehingga aktivitas yang berat sekalipun tidak terasa memberatkan.Kandungan yang terpenting dalam peningkatan sel darah merah tersebut adalah zat besi.

Dengan manfaat tomat tersebut, Anda tidak usah lagi repot-repot membeli suplemen penambah sel darah merah atau suplemen penambah tenaga. Selain lebih sehat, Anda juga bisa lebih mengirit pengeluaran bulanan Anda kan?

Kedua. Manfaat tomat selanjutnya adalah menjaga kebugaran tubuh karena tomat mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang berguna untuk keseimbangan kesehatan tubuh dan mengobati beragam penyakit.

Beberapa penyakit yang bisa dicegah dan diobati dengan mengambil manfaat tomat tersebut adalah mencegah penggumpalan darah, mengatasi kelelahan, dan meningkatkan kuantitas sperma pria.

Jadi, untuk Anda yang ingin segera memiliki momongan, coba makanlah buah tomat atau sarankan pasangan Anda agar mengonsumsi buah tomat minimal dua buah per hari.

Ketiga. Sebagian masyarakat Perancis menjuluki tomat sebagai apel cinta. Karena diyakini mampu mengobati lemah syahwat. Manfaat tomat yang satu ini tentu sangat berguna bagi kaum pria yang punya kelemahan dalam hal alat reproduksi.

Keempat. Penelitian Dr. John Cook Bennet dari Willoughby University di Ohio pada November 1834, menyimpulkan bahwa tomat berfungsi untuk menyembuhkan penyakit gangguan pencernaan, diare, penyakit empedu, memulihkan fungsi liver, dan mampu mencegah kolera.

120 tahun kemudian, ilmuwan Yumi Tohuoko dalam The Tohoku Journal of Experimental Medicine, terbitan Tohoku University, Jepang, mendukung Bennet. Secara klinis, tomat terbukti efektif menyeimbangkan gangguan fungsi lever.

Dengan kata lain, manfaat tomat juga bisa digunakan untuk system detoksifikasi. Dengan cara dimakan langsung atau dijus, tomat bisa mengeluarkan kotoran-kotoran yang tertimbun di dalam tubuh kita.

Kelima. Pusat Penelitian Pertanian AS, telah berhasil mengembangkan tomat dengan kandungan antioksidan lycopene tiga kali lebih banyak dari tomat normal. Tomat jenis ini tidak mudah busuk dan berkualitas. Usaha ini terus dikembangkan untuk mengatasi penyakit kanker pada manusia.

Bahkan sekarang pun, ada beberapa produk kosmetik yang mengambil kebaikan tomat sebagai manfaat yang terdapat di dalam produk tersebut.

Jika sebelumnya buah yang diambil manfaatnya oleh produk kosmetik hanya sekitar buah lemon, alpukat, dan apel, maka sudah saatnya manfaat tomat dikenal lebih luas dalam industri kosmetik.

Keenam. Mengonsumsi tomat selama dua kali dalam seminggu, membantu meminimalisasi risiko kanker prostat, dengan persentase 21 sampai 43%.

Ketujuh. Kandungan tomatine dalam tomat memiliki khasiat anti-radang, karotine dan vitamin C berguna sebagai antioksidan, dan asam sitrat pada tomat mampu mengangkat lemak dan kotoran pada wajah.

Dengan cara dimaskerkan, manfaat tomat akan membuat Anda terhindar dari jerawat dan kulit berminyak. Kulit menjadi lebih kenyal, bersih, dan merona. Untuk perawatan, gunakan masker tomat dua kali seminggu. Sementara itu, untuk pengobatan, gunakan masker tomat dua hari sekali hingga jerawat dan iritasi kulit sembuh.

Kedelapan. Konsumsi tomat dengan teratur, mampu merawat kulit dari dalam tubuh. Khususnya mengatasi kerutan halus pada wajah akibat bertambahnya usia.

Jadi, Anda tidak usah mengeluarkan uang yang besar untuk pergi ke salon, facial tiap minggu, atau terapi emas dan berlian demi menjaga kualitas kulit Anda. Cukup konsumsi buah tomat, maskerkan juga pada wajah, maka wajah akan senantiasa terlihat awet muda.

Kesembilan. Kandungan antioksidan lycopene pada tomat atau pasta tomat mampu mengurangi risiko kerutan wajah, bintik hitam akibat sinar matahari, mengatasi penyakit kanker, dan jantung. Selain sebagai senjata ampuh atasi radikal bebas yang merusak kesehatan kulit, lycopene dapat meningkat 4 kali lipat jika tomat dimasak dengan baik.

Kesepuluh. Gunakan tomat yang telah masak sebagai obat jerawat. Potong tomat menjadi beberapa bagian, lalu gosok secara perlahan pada wajah berjerawat Anda. Sebuah hasil testimoni, jerawat akan hilang setelah dilakukan setelah setiap hari selama satu bulan.

Kesebelas. Tomat kaya garam mineral yang merangsang aliran air liur. Mineral ini berguna untuk merangsang nafsu makan sekaligus membuat makanan mudah dicerna tubuh.

Kedua belas. Ramuan tomat bisa menyembuhkan keseleo. Hancurkan tomat dengan blender lalu campur dengan wijen. Panaskan hingga berminyak, dan gunakan minyak itu untuk memijat sendi yang keseleo.

Ketiga belas. Panaskan daging dan biji tomat, lalu simpan di atas bisul Anda. Bisul akan cepat pecah dan sembuh.

Keempat belas. Kandungan beta carotene dalam tomat, dapat meningkatkan kesehatan mata kita.

Keempat belas manfaat buah tomat yang sudah dijelaskan di atas benar-benar berguna kan untuk kesehatan tubuh dan kulit Anda? Untuk itu, kita harus pandai memilih jenis pangan yang baik untuk dikonsumsi.

Cara Memilih Buah Tomat

Untuk mendapatkan khasiat buah tomat, kita harus pandai memilih jenis buah yang baik. Buah tomat yang baik untuk dimasak adalah buah yang berukuran kecil, mengandung banyak kadar air, serta berwarna merah agak kekuning-kuningan.

Sementara itu, untuk mendapatkan khasiat langsung dari tomat, pilihlah tomat berukuran besar, berwarna merah, dan tidak terlalu mengandung banyak air.

Jika buah tomat keras dan berwarna hijau, maka kandungan beta carotene di dalamnya tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, usahakan memilih tomat yang baik untuk mendapatkan manfaat tomat yang maksimal.

Jika sedikit saja bagian tomat sudah berlubang, agak busuk, atau mencair, jangan gunakan tomat tersebut untuk masker wajah. Tomat yang sudah busuk bukan membuat wajah menjadi merah merona, tapi justru membuat wajah anda merah karena iritasi bakteri dan jamur.

Cara Mengolah Buah Tomat

Jika Anda termasuk orang yang tidak suka dengan bau buah berkhasiat ini, Anda bisa mengolahnya dengan cara membuat jus buah tomat, mencampurnya dalam sayuran atau masakan lainnya, membuat rujak tomat, atau membuat salad tomat.

Selain mendapatkan makanan yang enak, Anda juga mendapatkan khasiat terbaik dari buah yang satu ini sehingga tidak usah ragu untuk mengonsumsinya walaupun setiap hari.

Kandungan gizi yang ada di dalamnya mampu membuat system pencernaan dan pernafasan lebih baik sehingga kualitas hidup Anda pun lebih terjaga kestabilannya.

Jika kelelahan datang menemui Anda selepas bekerja, jangan langsung menelan pil anti pegal atau suplemen lainnya. Sediakan saja beberapa buah tomat. Satu buah untuk dimaskerkan pada wajah dan seluruh tubuh agar terasa rileks, satu buah atau lebih untuk dimakan atau dibuat jus.

Oleh karena itu, mari mengganti gaya hidup dengan konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan alami. Cobalah nikmati manfaat tomat mulai dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *