Manfaat Lidah Buaya, Tumbuhan Berduri yang Bermanfaat

By | 11/07/2019

Apakah Anda mempunyai tanaman lidah buaya di taman rumah? Beruntunglah Anda karena manfaat lidah buaya sangat luar biasa. Lidah buaya atau aloe vera merupakan jenis tumbuhan berduri yang sudah dikenal semenjak ribuan tahun yang lalu.

Tumbuhan berduri ini dapat dengan sangat mudah ditemukan di kawasan kering di Afrika. Tumbuhan yang memiliki nama Latin Aloe barbadensis Milleer ini terkenal dengan khasiat dan manfaatnya yang sangat luar biasa. Menurut sejarah, Bangsa Mesir kuno telah menemukan khasiat dari tanaman ini sejak 1500 SM. Karena khasiatnya yang sangat luar biasa, Bangsa Mesir kuno menjuluki tanaman ini sebagai tanaman keabadian.

Tumbuhan berduri ini pun menjadi bahan penelitian ilmu pengetahuan. Pemanfaatan khasiat lidah buaya diterapkan dalam berbagai macam produk industri farmasi, kosmetika, bahkan untuk makanan dan minuman kesehatan. Berikut ini manfaat tanaman berduri, lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah buaya berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, yaitu diabetes, bisul, kulit memar, kulit pecah-pecah, lecet, wasir, dan radang tenggorokan. Menurut peneliti dari Jepang, manfaat yang sangat besar dari lidah buaya ini didukung oleh kandungan nutrisi yang ada. Menurut pemerhati makanan kesehatan (suplemen), lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung banyak nutrisi atau zat-zat yang baik untuk tubuh manusia.

Kandungan nutrisi pada tumbuhan lidah buaya yang sangat berguna bagi tubuh manusia adalah karbohidrat, kalori, antioksidan, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormone, dan zat golongan obat (antibiotik, antiseptic, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfesi, antiperadangan, antipembengaan, antiparkinson, dan masih banyak lagi. Untuk penderita diabetes, lidah buaya pun dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah.

Rasa lidah buaya memang tidak menggiurkan, tetapi mengonsumsinya sangat menyehatkan. Oleh karena itu banyak orang berusaha mengolah tanaman ini menjadi berbagai makanan dan minuman, terutama minuman dingin dan segar. Dengan demikian, manfaat lidah buaya akan lebih terasa segar dan menyenangkan saat dikonsumsi.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Manfaat yang sangat besar dari lidah buaya ini pun berguna untuk kecantikan. Caranya dengan mengolah lidah buaya menjadi jus. Jus lidah buaya dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih bersih dan memperbaiki kualitas kulit.

Nutrisi yang dikandung lidah buaya ini juga dapat melawan efek penuaan pada kulit. Lidah buaya pun dapat mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Oleh karena itu, manfaat lidah buaya sangat bagus untuk perawatan wajah.

Manfaat yang sangat terkenal dari lidah buaya adalah untuk menyuburkan rambut, mengurangi ketombe, dan kerontokan rambut. Karena berkhasiat untuk menyuburan rambut, mengurangi ketombe, dan mengatasi kerontokan rambut, banyak produk perawatan rambut yang menawaran manfaat tumbuhan berduri lidah buaya ini dalam produknya.

Cara Sedap Menyantap Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya tidak memiliki rasa yang menggugah selera jika dikonsumsi begitu saja. Untuk itu, banyak cara dilakukan untuk menjadikan lidah buaya lebih sedap dikonsumsi agar manfaat lidah buaya akan dengan lebih mudah masuk ke tubuh.

Pengolahan lidah buaya biasanya berperinsip untuk menjadikan lidah buaya sebagai minuman segar yang rasanya manis. Inilah beberapa kreasi pengolahan lidah buaya.

Jus lidah buaya

Ini adalah cara pengolahan lidah buaya yang mudah dilakukan. Jus lidah buaya diberi bahan-bahan tambahan agar rasanya lebih nikmat. Untuk membuatnya, siapkan:

  • 4 batang lidah buaya berukuran besar
  • 5 lembar daun pandan segar
  • Air dan madu murni secukupnya

Sebelum mengolah bahan-bahan tersebut menjadi jus, Anda harus mengolah lidah buaya terlebih dahulu untuk mendapatkan rasa segar dan menghilangkan bau khasnya.

Caranya, cuci lidah buaya kemudian lepaskan kulitnya. Ambil dagingnya yang berlendir kemudian potong-potong sesuai selera. Cuci bersih daging lidah buaya yang sudah dipotong-potong sampai lendirnya hilang, tiriskan.

Untuk menghilangkan bau khas lidah buaya, rendam dalam air rebusan daun pandan yang masih panas. Proses perendaman cukup dilakukan 5 menit. Setelah itu, tiriskan lalu masukkan lidah buaya ke dalam wadah dan simpan di lemari es. Jangan buang air rebusan daun pandannya.

Untuk membuat minuman jus lidah buaya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masukkan lidah buaya yang sudah diolah ke dalam gelas saji.
  2. Proses air daun pandan, madu murni, serta es batu dengan blender sampai menghasilkan busa.
  3. Tuangkan jus tersebut ke dalam gelas saji berisi lidah buaya.

Es lidah buaya

Kreasi lain dari lidah buaya yang selanjutnya adalah es lidah buaya. Pada prinsipnya, pengolahan daging lidah buaya dalam kreasi minuman ini tidak jauh berbeda dengan pada kreasi minuman yang sebelumnya. Untuk membuatnya, siapkan:

  • Kapur sirih 1 sendok teh
  • Daun lidah buaya 600 gram
  • Air 300 ml
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 400 gram
  • Daun pandan 2 lembar, potong-potong
  • Vanili 1 sendok teh
  • Biji selasih kering 1 sendok makan, rendam di dalam air hingga mekar
  • Air untuk merebus daging lidah buaya
  • Air 800 ml

Untuk membuat es lidah buaya yang sehat dan segar, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kupas lidah buaya. Ambil dagingnya lalu potong dadu. Cuci bersih daging lidah buaya tersebut.
  2. Campurkan kapur sirih dan garam di dalam 300 ml air.
  3. Masukkan lidah buaya ke dalam campuran tersebut dan biarkan selama 1 jam.
  4. Angkat lidah buaya lalu cuci lagi sampai lendirnya benar-benar hilang. Tiriskan.
  5. Didihkan air lalu rebus lidah buaya selama 10 menit. Angkat kemudian tiriskan.
  6. Masak gula pasir dan daun pandan di dalam 800 ml air hingga benar-benar larut gulanya. Tambahkan vanili dan lidah buaya. Aduk sebentar lalu angkat dan dinginkan.
  7. Untuk menyajikannya, masukkan selasih dan lidah buaya ke dalam gelas saji. Masukkan rebusan gula lalu tambahkan es batu sesuai selera.

Selai lidah buaya

Jika biasanya daging lidah buaya diolah menjadi bentuk dadu, kali ini kita akan mengolah daging lidah buaya menjadi pasta manis yang sehat. Cara pembuatannya cukup sederhana. Sebelumnya, siapkan bahan-bahan ini terlebih dahulu:

  • Daging lidah buaya 1 kg
  • Gula pasir 500 gram
  • Asam askorbat 0,1% atau 1 gram/liter air. Bisa juga asam sitrat 0,2% atau 2 gram/liter air.
  • Natrium benzoate 0,5% atau 5 gram per kg daging lidah buaya
  • Agar-agar bubuk 3 gram (setengah bungkus)

Untuk membuat selai lidah buaya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Rendam daging lidah buaya yang sudah dicuci bersih dalam larutan asam askorbat. Biarkan selama 15 menit kemudian tiriskan.
  2. Hancurkan daging lidah buaya menggunakan blender.
  3. Panaskan daging lidah buaya yang sudah hancur sebentar saja. Tambahkan asam sitrat, gula pasir, dan agar-agar.
  4. Panaskan sampai mendidih; sambil terus diaduk. Tambahkan bahan pengawet benzoate.
  5. Aduk terus sampai berbentuk gel dan terbentuk busa di permukaan selai.
  6. Buang busa dan tiriskan selai lalu masukkan ke dalam botol.

Nata de Aloe Vera

Jika biasanya kita akrab dengan olahan kelapa yang berupa nata de coco, kali ini kita akan membuat nata de coco dari lidah buaya; yang disebut juga dengan nama nata de aloe vera. Nata de aloe vera bisa dikonsumsi dengan beragam jenis minuman dingin. Ia bisa dengan mudah dicampur ke dalam air gula, sirup, atau minuman lainnya.

Yang digunakan dalam pembuatan nata de aloe vera adalah daging lidah buaya. Oleh karena itu, setelah dikeluarkan dari daunnya daging ini dipotong dadu seukuran 1 atau 1,5 cm. Selanjutnya, cuci bersih daging tersebut berulang-ulang sampai benar-benar bersih dari lendir. Jika memungkinkan cucilah daging lidah buaya dalam air mengalir.

Proses selanjutnya adalah perebusan nata de aloe vera. Daging lidah buaya direbus selama 15 menit agar matang kemudian angkat dan tiriskan. Jika mau, Anda boleh menambahkan 2 – 3 lembar daun pandan saat merebus.

Selanjutnya nata de aloe vera bisa disimpan di dalam lemari es untuk digunakan sewaktu-waktu sebagai camilan sehat dan segar. Dengan demikian, manfaat lidah buaya dapat dikonsumsi dengan nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *