Mengenal Bagian-bagian Personal Computer (PC)

By | 16/10/2020

Siapa yang tidak suka main game? Dengan semakin banyaknya jenis game yang dirilis setiap waktu menjadikan bermain game makin terasa mengasyikkan. Tapi bagaimana jika kamu hanya memiliki PC dengan spek yang ringan?

Kentang adalah singkatan dari Kena Tanggung yang merupakan kata slang yang sering digunakan untuk menyatakan sesuatu yang kurang atau hampir. Seperti misalnya ketika kamu ingin membeli PC baru untuk memainkan game yang baru rilis tapi ternyata setelah di Install, game tersebut tidak bisa dimainkan karena spesifikasi laptop ‘kurang pas’ untuk gamenya. Dan jadilah PC kamu itu PC Kentang.

Tidak hanya pada PC karena kata slang Kentang ini juga sering dikenakan kepada hal lainnya seperti smartphone. Niat ingin menggunakan aplikasi tertentu tapi spesifikasi smartphone naggung atau kurang naik sedikit dan jadilah smartphone kentang yang hanya dipake buat nonton film online atau ngegame lewat youtube alias nonton doang haha.

Mengenal Bagian-bagian PC

mengenal personal computer pc

Untuk kamu yang belum mengenal apa itu PC, PC sebenarnya adalah singkatan dari Personal Computer yang biasanya hanya di operasikan oleh khusus satu orang saja. Penggunaan PC berbeda dengan laptop yang bisa dibawa kemana saja karena PC biasanya hanya berada di rumah-rumah, pertokoan, ataupun perkantoran.

Dari segi harga, pada umumnya PC adalah perangkat komputer yang lebih murah dibandingkan laptop. Hanya saja semua itu juga tergantung dari spesifikasi PC yang digunakan karena semakin tinggi spesifikasinya maka akan semakin mahal juga harganya.

Spesifikasi inilah yang harus selalu diperhatikan sebelum kamu membeli PC terlebih untuk memainkan game. Dan berikut beberapa spesifikasi PC yang harus kamu perhatikan sebelum membeli PC atau laptop:

A. Prosesor

Dapat dikatakan kalau prosesor adalah inti dari sebuah PC atau laptop. Prosesor adalah otaknya dan jika otaknya tidak mendukung untuk bermain game maka PC pun tidak akan bisa digunakan untuk bermain game.

Saat ini terdapat dua jenis prosesor yang harus kamu ketahui: AMD dan Intel. Kedua prosesor ini meniliki keunggulannya sendiri-sendiri.
Salah satu keunggulan dari AMD adalah mampu memberikan gambar yang jernih dan tidak pecah sedangkan Intel mampu memberikan gambar yang memiliki resolusi yang lebih tajam.
Selain itu perbedaan yang paling mendasar dari keduanya adalah harga. Harga prosesor intel memang lebih mahal dibandingkan AMD namun kualitas yang dimiliki AMD tidak jauh berbeda dengan Intel.

Walaupun memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri, namun ada satu hal yang harus diperhatikan sebelum memilih prosesor untuk bermain game: pastikan itu adalah prosesor seri terbaru. Ini sangat penting di perhatikan karena seri terbaru diyakini mampu memberikan performa yang lebih baik dari seri sebelumnya.

B. VGA Card

VGA Card atau yang dikenal juga dengan nama video/display card adalah perangkat yang cukup penting untuk menampilkan grafik gambar yang tajam dan memiliki resolusi yang tinggi. Jika VGA PC yang kamu miliki adalah VGA On Board atau VGA bawaan dari PC biasanya hanya berspesifikasi standart.

PC Kentang biasanya adalah PC yang menggunakan VGA On Board ini sehingga hasil yang ditampilkan tidak terlalu baik. Jadi jika kamu ingin game PC ringan, maka spesifikasi VGA PC ini juga perlu diperhatikan.

C. RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang berfungsi sebagai tempat menyimpan memory sementara sebuah sistem operasional. Dulu RAM ini hanya bisa ditemui pada PC atau Laptop tapi kini RAM juga bisa ditemui dalam smartphone dan menjadi banyak pertimbangan orang dalam membeli smartphone.

RAM bekerja sebagai tempat dimana data dari software atau game yang dimainkan pertama kali di proses. Data yang diproses RAM inilah kemudian yang diteruskan ke Prosesor. Jadi jika PC kamu lambat atau lemot bisa jadi karena informasi data yang diterima prosesor juga lambat karena RAM yang sudah penuh data.

RAM merupakan unsur penting dalam bermain game di PC. RAM inilah alasan game PC ringan 4Gb tidak bisa dimainkan di PC yang biasa memainkan game PC ringan 1Gb. Karena RAM PC 1Gb tidak mampu menampung 4Gb data yang diperlukan untuk menjalankan game.

D. Hard Disk

Hampir sama dengan RAM, fungsi hard disk adalah untuk menyimpan data hanya saja data yang disimpan di hard disk adalah data yang permanen.
Semakin besar kapasitas hard disk maka akan semakin banyak data yang bisa kamu simpan. Jadi walaupun kamu memiliki banyak game pc ringan terbaik kamu tidak perlu lagi pusing dimana harus menyimpannya dan tetap bisa memainkannya kapanpun kamu inginkan.

E. Motherboard

Motherboard ini dikenal juga dengan nama Mainboard atau Mobo yang merupakan tempat dimana seluruh sistem PC atau laptop disatukan. Seperti namanya, motherboard adalah perangkat PC atau laptop yang berupa papan PCB.

Motherboard ini adalah komponen penting karena tanpanya seluruh sistem di PC tidak akan bisa berjalan dengan baik. Dan motherboard ini jugalah yang menjadikan kamu bisa bermain game PC ringan HD dengan nyaman karena PC tidak cepat panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *