6 Tarian Jawa Tengah yang Indah dan Unik

By | 05/08/2018

Wilayah Jawa khususnya Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang kaya akan seni dan juga kebudayaannya. Anda tentu tahu bahwa daerah ini juga memiliki banyak tarian dengan cerita yang berbeda serta penampilan yang juga berbeda. Masing-masing tarian memiliki keunikan serta ciri khasnya sendiri. Ada apa saja tarian yang bisa dilihat bahkan ikut kita lestarikan ? ini dia ulasannya.

1. Sintren

Sintren merupakan tarian khas jawa Tengah yang unik dan juga indah, tarian ini berasal dari Cirebon dan banyak menyebar juga di Jawa Tengah serta Jawa Barat. Mengingat daerah ini memang perbatasan di keduanya. Namun selain indah dan unik nyatanya berbau mistis, menceritakan tentang kisah cinta Sulasih dan Sulandono. Bahkan sebelum penampilan para ahli dan juga juru kunci biasanya membacakan doa dan juga ritual agar penampilan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun.

2. Tari Angsa

Tarian indah dan unik selanjutnya bernama Tari Angsa, dengan bentuk pakaian yang mirip seperti angsa dan juga gerakan yang melambangkan keagungan seorang dewi. Dimana dewi ini banyak ditemani oleh para penari Angsa, sehingga menambah kecantikan dan keanggunannya.

Tarian angsa merupakan salah satu tarian yang dibanggakan masyarakat Jawa Tengah dan sering dipentaskan oleh siswa-siswa SD saat mereka mencapai kelulusan atau perpindahan sekolah ke SMP. Namun berdasarkan informasi ada beberapa negara yang juga memiliki tarian angsa dengan cerita yang berbeda.

3. Tari Gambyong

Gerakan yang perlahan namun luwes menjadi ciri khas dari Tari Gambyong yang berasal dari daerah Surakarta ini. Umumnya tarian ini merupakan sebuah cerita rakyat, dimana masyarakat sedang memasuki waktu untuk panen padi dan merayakannya dengan tarian ini. Namun seiring berjalannya waktu banyak masyarakat Surakarta yang melestarikan tarian dengan menampilkannya saat diadakan saat acara sakral dan sebagai penghormatan pada tamu kenegaraan maupun ketika ada acara keraton Surakarta. Tarian ini tidak mudah karena membutuhkan tempo yang lambat dengan ketukan yang sama dan gerakan yang sangat halus dan indah.

4. Tari Bedhaya Ketawang

Tari Bedhaya Ketawang

Tarian yang indah dan unik selanjutnya merupakan Tari Bedhaya Ketawang, dimana tarian ini memang populer dan digunakan untuk berbagai acara keratonan ataupun kenegaraan. Berdasarkan artinya, Bedhaya Ketawang yang berasal dari kata Bedhaya yang memiliki arti penari wanita dan ‘ketawang’ yang berarti langit. Jika disatukan maksudnya adalah penari wanita yang berasal dari istana langit, karena Tari Bedhaya Ketawang rata-rata menggunakan gerakan yang sangat indah dan melambangkan sebagai konsep Ketuhanan.

5. Tari Bondan

Tari Bondan merupakan salah satu tarian yang berasal dari Surakarta, dimana tarian ini memperlihatkan gambaran yang tulus antara ibu dan juga anaknya. Ciri khas yang bisa dibedakan jelas dari properti yang digunakan diantaranya adalah properti, kendi, boneka bayi, payung dan lainnya. Alat rumah tangga menjadi penanda tarian tersebut sebagai wujud cerita sehari-hari seorang ibu dengan anaknya.

6. Tari Blambangan Cakil

Tari Blambangan Cakil merupakan sebuah tarian yang berasal dari pewayangan, dimana adegannya disadur atau diambil dari tarian “Perang Kembang”. Cerita jelasnya mengenai, para ksatria dan raksasa yang sedang berperang dan juga menggambarkan antara kebaikan serta kejahatan.

Tokoh ksatria biasanya menggambarkan sosok Arjuna yang diperankan oleh penari. Arjuna menggambarkan kebaikan dan menunjukan tari yang lembut dan halus, sedangkan Tokoh Raksasa, Cakil menggambarkan kejahatan dengan gestur tari kasar dan beringas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *