Tips Membeli AC Ruangan Murah dan Berkualitas

By | 30/01/2020

Ada banyak merek AC atau pendingin udara yang dikenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dll. Mereka banyak dijual di pasar. Harga dan karakteristik masing-masing AC sangat bervariasi satu sama lain. Itu bisa membingungkan Anda membuat keputusan, bukan?

Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk pilihan AC terbaik untuk kisaran harga 2-3 juta. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini referensi dan temukan pendingin ruangan yang tepat untuk ruangan terbaik Anda!

Bagaimana memilih AC (air conditioner) seharga 2-3 juta

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih AC seharga 2-3 juta. Tetap disini agar Anda dapat dengan mudah menemukan AC yang tepat untuk Anda.

Pilih tergantung pada PK, 1 PK untuk ruang tamu dan 1/2 PK untuk ruangan

Di Indonesia, kemampuan untuk mendinginkan AC diukur oleh unit yang disebut PK (Paard Kracht). Semakin tinggi PK, semakin baik pula kemampuan untuk mendinginkannya. Namun, jika Anda memilih AC dengan PK yang tidak cocok dengan luas ruangan, Anda sebenarnya akan dirugikan. Hal ini disebabkan kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan sehingga biaya listrik menjadi mahal.

Karena itu, kami menyarankan Anda menggunakan 1 PK AC di ruang tamu. Hal ini disebabkan oleh aliran udara atau suhu di ruang tamu yang berubah dengan mudah karena jumlah orang yang masuk dan pergi. Sementara itu, untuk digunakan di kamar tidur, Anda bisa menggunakan ukuran AC 1/2 PK saja.

Pilih bentuk soket yang sesuai

Bentuk umum outlet di Indonesia terbagi menjadi dua jenis, yaitu outlet dua lubang dan outlet tiga lubang. Outlet yang cocok untuk AC adalah jenis outlet tiga lubang. Karena itu, ketika Anda ingin membeli AC, Anda harus memastikan bahwa ada outlet yang memadai di lokasi pemasangan. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat menginstalnya terlebih dahulu dengan bantuan teknisi listrik setempat.

Verifikasi efisiensi energi dan kapasitas AC untuk menghemat energi

Poin penting untuk diperiksa ketika membeli AC adalah adanya fungsi penghematan listrik. Tenang saja, fitur ini bisa mendapatkan AC seharga 2-3 juta. Lihatlah penjelasan berikut.

Sesuaikan kapasitas penghematan energi dengan biaya yang akan dikeluarkan

Saat memverifikasi fungsi hemat energi, perhatikan seberapa optimal kemampuan menghemat listrik. Ini ditunjukkan oleh jumlah bintang yang dimiliki AC. Bintang adalah indikator standar minimum yang harus dipenuhi agar AC dapat dijual. Tanda bintang berarti bahwa produk AC tidak dapat memenuhi standar minimum hingga 100%, sehingga tidak dijual. Karena itu, produk yang bisa dijual adalah produk dengan bintang dua atau lima. Semakin tinggi bintang, semakin efisien energi AC.

Namun, itu tidak berarti bahwa kemampuan untuk menghemat energi meningkat secara merata menurut tingkat bintang. Saat ini, kinerja dan konsumsi konsumsi daya AC bintang dua dan tiga tidak jauh berbeda. Sementara AC bintang empat telah meningkatkan kinerja secara signifikan sambil menghemat listrik. Namun, harganya cukup mahal. Untuk pendingin udara bintang lima, harganya bahkan lebih mahal dan tidak dijual dalam kisaran 2-3 juta.

Jika Anda khawatir tentang biaya pengoperasian CA, pilih produk dengan tiga bintang atau lebih. Namun, jika Anda memiliki dana terbatas, Anda dapat memilih AC bintang dua. Sumber artikel (serviceacjogja.pro)

Energi yang lebih efisien adalah ketika AC memiliki EER dari 10,41 BTU / jam

COP (Coefficient of Performance) adalah nilai rasio antara kapasitas pendinginan atau pemanasan per 1 kW listrik. Semakin tinggi nilai COP, semakin besar efisiensi energinya. Namun, COP hanyalah perhitungan teoritis, bukan hasil pengukuran nyata. Oleh karena itu, perhitungan APF (Annual Performance Factor) dikembangkan yang dapat menghitung perbandingan efisiensi penggunaan energi dalam AC.

Di Jepang sendiri, AC dikatakan hemat energi jika memiliki nilai APF minimum 5,8. Semakin tinggi nilai APF, semakin baik kemampuan AC untuk menghemat energi. Namun, di Indonesia perhitungan APF seperti ini masih jarang digunakan. Namun, Anda dapat melihat kapasitas hemat energi dari AC EER (Energy Efficiency Ratio). Dikatakan bahwa EER mulai 10,41 BTU / jam termasuk dalam penghematan energi dan diklasifikasikan sebagai produk bintang empat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *